Hipertensi dan Biarkan Pemilu Berlalu

Sabtu, Mei 18, 2019
Hari Hipertensi Sedunia diperingati tiap 17 Mei. Sumber gambar: Shutterstock.com.


APAKAH tensi darah teman-teman dalam tiga tahun terakhir meninggi gara-gara pemilihan gubernur Jakarta (2017) dan pemilihan umum 2019? Alhamdulillah, tekanan darah saya selow.

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sering tidak menyadari dirinya mengidap hipertensi dan tahu-tahu terkena komplikasi yang membahayakan jiwa. Makanya hipertensi dikenal sebagai silent killer alias pembunuh dalam senyap.

Hipertensi tak bisa disembuhkan. Ia hanya bisa dikontrol atau dikendalikan untuk mencegah komplikasi. Hipertensi bisa dikendalikan lewat pola hidup sehat. Rajin mengontrol tekanan darah yang dibarengi dengan pola makan lebih sehat, semisal mengurangi konsumsi garam, serta perbanyak makan sayur dan buah.

Gaya hidup pun diubah dengan menurunkan berat badan, stop merokok, hindari minuman beralkohol, dan rajin berolahraga maupun aktivitas fisik lainnya, seperti berkebun di Mars, piknik ke Pluto, dan ikut kontes MasterChef Indonesia. Jika ikut kontes MasterChef, mana yang dipilih: people power atau baking powder?

Selain itu, biasakan berpikir positif dan perbanyak silaturahim atau bersosialisasi dengan manusia—kurangi bergaul dengan gawai (gadget) dan hewan—supaya terhindar dari kebiasaan berburuk sangka dan dijauhkan dari sikap paranoia. Boleh saja curiga, tapi jangan gampang menuduh.

Maka, dalam konteks sekarang, sebaiknya rileks saja membaca dan menyimak tulisan dan komentar yang tidak kita suka. Abaikan saja komentar tak bermutu, terutama yang terkait pemilu. Sekarang kan banyak orang berlagak core of the core alias sok tahu dan sukanya marah-marah tanpa pandang bulan Ramadan.

Nah, tak usah kuteruskan ya. Tulisan jelek ini kuakhiri dengan dua pantun:

Bersabarlah menunggu petang
Jauhilah si rantang nasi
Jadi orang jangan suka meradang
Jika tak ingin hidupmu basi.

Buka puasa berlauk kentang
Kentang dicampur sambal teri
Janganlah suka berpikiran sungsang
Supaya tak gampang kena hipertensi.

Selamat memperingati Hari Hipertensi Sedunia 17 Mei.

Share this :

Previous
Next Post »