Jalan Tol Pandaan-Malang Bisa Dilewati Pemudik Lebaran 2018

Jumat, Juni 08, 2018
Suasana di Jalan Tol Gempol-Pandaan. Foto-foto: ABDI PURMONO

MALANG — Jalan Tol Pandaan-Malang sudah bisa digunakan oleh pemudik mulai H-8 Lebaran 2018. Pembukaan jalan tol sepanjang 38,48 kilometer ini bersamaan dengan pembukaan seluruh jalur tol fungsional di Trans Jawa.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo mengatakan, pemudik bisa melewati tol Pandaan-Malang tanpa dipungut biaya alias gratis. Fungsionalisasi Jalan Tol Pandaan-Malang sebagai jalur alternatif ditujukan untuk melancarkan arus mudik sehingga bisa memecahkan kepadatan dan potensi kemacetan di jalan nasional Surabaya-Malang.

“Sudah mulai diujicoba pada Selasa kemarin (5 Juni) atau H-10 dan mulai pagi ini resmi difungsionalkan untuk dilalui pemudik. Kebijakan ini sesuai dengan instruksi Pak Menteri (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” kata Agus kepada saya pada hari ini Jumat, 8 Juni 2018.

Menurut Agus, seluruh ruas tol Pandaan-Malang belum terhubung. Hanya ruas tol Seksi I dan Seksi III yang difungsionalkan untuk arus mudik dan arus balik, masing-masing mulai H-8 hingga H+1 Lebaran dan H+2 hingga H+8 Lebaran. Kedua seksi jalan tol dibuka dioperasikan mulai pukul 7 pagi hingga 17.00 WIB.

Ruas tol Seksi I sepanjang 3 kilometer dimulai dimulai dari pintu keluar Tol Pandaan di Kabupaten Pasuruan yang akan menyambung sampai girder Lemahbang, Sukorejo, kabupaten yang sama. Seksi I membantu pemudik menghindari kemacetan di persimpangan Taman Dayu, Pasuruan.

Di girder Lemahbang dibuatkan pintu keluar darurat sehingga seluruh kendaraan bisa langsung menuju jalan nasional dengan melewati Purwosari dan Purwodadi di Pasuruan untuk mengarah ke Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Di Lawang diberi petunjuk belok kiri ke arah tol Pandaan-Malang Seksi III, yang sepanjang 12 kilometer dari jalan arteri Sumberwuni hingga pintu keluar di Karanglo, Kecamatan Singosari, yang menjadi pembatas antara Kabupaten Malang dan Kota Malang. Seksi III membantu pemudik untuk menghindari kemacetan di Pasar Lawang dan Pasar Singosari.

“Seluruh jalan yang difungsionalkan sudah dicor dan halus. Sudah dipasang rambu darurat dan pembatas jalan untuk keselamatan,” ujar Agus.


Agus mengingatkan para pemudik untuk sangat berhati-hati dan berkonsentrasi penuh memperhatikan rute jalan tol. Kedua seksi jalan tol belum dipasangi lampu penerangan jalan umum, makanya jam operasi tol dibatasi hingga pukul 5 sore.

Adapun Jalan Tol Pandaan-Malang dijadwalkan diresmikan pada September mendatang. Sejauh ini, pembebasan lahan di wilayah Malang sudah mencapai 80 persen, mencakup lahan yang terbentang di wilayah Singosari dan Karanglo, serta Pakis dan Sawojajar.

Proses pembebasan lahan yang belum lancar ada di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang. Sebanyak 53 rumah maupun bangunan di sana belum tuntas perkara harga ganti ruginya. ABDI PURMONO


Share this :

Previous
Next Post »