Kebersihan Sebagian dari Iman, Faktanya

Kamis, November 02, 2017
Foto: ABDI PURMONO (Sabtu, 28 Oktober 2017)

Kebersihan sebagian dari iman.

Ah, itu cuma teori. Ah, ungkapan itu cuma bagus jadi slogan karena faktanya banyak orang membuang sampah sembarangan terutama pada kegiatan-kegiatan besar dan terbuka di tempat umum seperti karnaval, bersih desa, kampanye, dan bahkan dalam kegiatan keagamaan. Di sekitar tempat ibadah saja banyak sampah berserakan kok.

Biasa kan terlihat orang membuang sampah dari dalam mobil pribadi mewah? Beli mobil mahal bisa, tapi menyediakan hanya selembar plastik keresek saja, misalnya, kayaknya susah banget... Jadi, orang yang membuang sampah sembarangan berarti imannya perlu dipertanyakan dong.

Tulisan di mobil itu juga jadi otokritik bagi saya. Waktu memotretnya di Jalan Tumapel, Kelurahan Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 28 Oktober 2017, saya juga merasa telak ditohok. 

Eh, supirnya sudah tua yang ditemani seorang anak muda. Mereka malah berhenti saat hendak difoto. Dan ternyata mereka bekerja di lapak pengumpulan barang-barang bekas. Duit dapat, mereka juga bisa dapat pahala karena mengingatkan orang-orang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Foto itu pertama kali saya publikasikan di akun Instagram dan Facebook pada hari ini juga.


Share this :

Previous
Next Post »